This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

IVF part 1

Lupakan klo program IVF yang kulakukan ini tanpa persiapan. Saatnya membuka lembaran baru, menjalaninya dg ikhlas, enjoy dan tak lupa tawakal. Disini aku mo cerita ttg proses IVF-ku. Utk part 1 ini akan berisi ttg proses suntik menyuntik dan segala hal yg dilakukan sebelum OPU dan ET.

Seperti yg udah diceritain sebelumnya, setelah bertemu dr. Irham, aku diberi resep Gonal F. Obat ini disuntikin di perut (2 jari di bawah pusat) setiap malam pada jam yang sama, yaitu antara jam 19.00 sampai jam 23.00. Untuk hari pertama ini aku diberi dosis 300 iu, sedangkan utk hari2 berikutnya disuruh tunggu hasil test hormon.

Selain itu, aku juga diminta test darah lengkap berupa test hormon dan TORCh dengan total biaya sebesar +/- 4,2 jt. Test hormon yg penting diketahui hasilnya adalah LH, FSH, progesteron dan estradiol, karena hasil test ini akan digunakan utk menentukan apakah program IVF ini dapat berjalan terus dan juga untuk menentukan dosis suntikan.

Hari pertama suntik/ H 1 tanggal  02 Mei, aku suntik gonal F dibantu oleh adik tetangga yg kebetulan bidan di RS Bunda Margonda.

H 2, aku menanyakan hasil test darah kepada suster Diana (koordinator suster yg tugasnya menginformasikan hasil test maupun instruksi dokter selanjutnya). Alhamdulillah hasilnya baik sbb : LH 3,49-FSH 9,36-P4 (progesteron) < 0,21 dan E2 (estradiol) 61. Instruksi dokter lanjut suntik gonal 300 iu ditambah pregnyl 200 iu.

Karena kemarin tdk diresepkan obat pregnyl, aku harus mencari obat itu ke RS Bunda Margonda.Dan proses beli obat di RS ini memakan waktu hampir 2 jam krn si bagian farmasi hrs konfirmasi dulu ke suster Diana, yang ternyata si pregnyl disini fungsinya adalah untuk menguatkan sehingga dosisnya harus diencerin sampai 14 cc dan dipakai buat seminggu. Berbeda dari si Gonal, Pregnyl ini suntiknya di pantat dan rasanya...ya ampuuun sakit bgt.

H 3 dan H 4 suntik biasa

H 5,  test hormon estradiol pagi hari dan Satria analisa sperma lanjut kontrol dg dokter malamnya. Hasil test hormon 986 yg menurut dokter itu bagus banget bahkan melampaui target yg hanya 450 krnnya aku ada kecenderungan hiperstimulasi. Hasil USG, telur aku ada kurleb 8 dg ukrn antara 10-12 mm tpi ada 2 yg leading ukrnnya 16 mm. Terapi 4 hari ke depan masi tetap, gonal 300 iu & pregnyl 200 iu ditambah satu suntikan lagi cretrotide namanya, fungsinya utk menahan agar telur ga pecah.

Dokter menyarankan aq banyak konsumsi putih telur utk meminimalisir hiperstimulasi. Oya hasil analisa sperma Satria adalah terazoospermia (hasil SA terakhir tahun lalu padahal normo) yg berarti morfologi sperma kurang sempurna, tpi mnrt dokter tdk masalah krn jumlahnya masi memenuhi kualitas.

Pada H 5 ini aku terpaksa suntik sendiri krn tetangga yg biasa bantu sdg keluar. Dan kenapa aku tdk suntik di RS krn si pregnyl ada di rumah. Awalnya mo pergi ke klinik aja utk minta suntik tpi entah keberanian dr mana aku pun memutuskan utk suntik sendiri. Xixixi...trnyata ga gampang ya, preparationnya bth wktu 1/2 jam sendiri. Cm buat masukin obat2an itu ke dlm spuit sesuai takaran plus buang angin yg ada di dlm spuit. Hal yg sulit lainnya adalah menyuntikkan pregnyl di pantat krn satria tdk mau bantu menyuntik krn ga tega. Fiuh...

H 6 - H 8 suntik spt biasa. 

H 9, tanggal 10 Mei jatuh di hari minggu. Pagi2 jam 08.00 aku & Satria udh di BIC utk test hormon estradiol n progesteron. Sayangnya USGnya tdk bs dilakukan pagi itu jg krn dr. Irham baru ada jadwal tindakan jam 11.00. Si suster mencoba menghubungi dokter tpi katanya tdk diangkat. Jadilah kami menunggu di mobil biar bs tidur. Abis klo mo jln dulu somewhere, kita jg ga punya tujuan yg jelas. 

Pkl 11.00 tepat kami naik lagi ke ruangan prakter dokter, si mba suster cm blg klo dokternya masi lama, jam 12 bru praktek. Weladalah...klo tau hrs nunggu smp jam 12 mah mending tdi qta jln2 kemana dulu. Kamipun iseng pergi ke minimarket diseberang BIC beli cemilan n minuman ringan buat ngulur waktu aj. Jelang jam 12 kami balik lagi ke BIC tpi lgs menuju mushala buat shalat dhuhur. Saat solat pihak BIC krm sms menanyakan keberadaanku dimana, agar segera kembali krn dokter prakteknya ga lama

Balik ke ruangan praktek dokter, si suster blg klo qta udh dipanggil2 dr tdi, udh kyk anak ilang aj hehe... Ternyata ga cm suster yg kehilangan kami, dokter pun smp nanyain kita dr mana saat sedang salaman. Dan dr. Irham kaget bgitu tau qta udh ada disitu sejak jam 08.00, krn suster ga ada yg info ke dia katanya.
Hormon progesteronku 0,74, sdgkan estradiol 3900. Besar telur trnyata blm memuaskan, dr 13 telur yg ada yg ukrnnya diatas 19mm hanya ada 3, sisanya masi dikisaran 15-16mm. Jadi dokter menambah dosis suntik sekali lagi buat malam ini. Bsk pagi test darah lgi n USG telur malamnya. 
 
Krn suntik gonal tinggal sekali lagi, jadilah aku minta suntikan bentuk pen saja. Pregnyl dpt 1 ampul bubuk n 1 ampul solvent sdg cetrotide dpt 1 vial. Sepanjang perjalanan pulang dan saat di rmh aku merasa ada yg janggal dg si pregnyl, krn aku tdk dibawain cairan pengencer kemasan plastik (water for injection). Pdhal saat meresepkan pregnyl, si dokter sempet tanya, "masi inget cara mengencerkan pregnylnya kan?"

Oya balik dr BIC kami mampir ke Kokas dulu utk makan siang. Pilihanku jatuh ke sunny side up...yups resto yg mengusung tema per-telur-an. Aku memesan salmon egg benedict dan mix jus bit n sirsak. Pokoknya hari ini dan besok harus digenjot dg makanan yg bs ngegedein telurku exp sirsak, salmon, alpukat dan sayur2an.

Tibalah waktu menyuntik, tetanggaku sdh mengoplos ketiga obat diatas di masing2 spuit. Tpi aku masih merasa ada yg ganjel di hati. Kan seharusnya pregnyl itu diencerin dg water for inj sebanyak 14 cc spt oplosan yg pertama dulu dan dipake cm 2 cc sekali suntik. Sdgkan ini bubuk pregnyl lgs dioplos dg solvent 1 ampul yg isinya cm 1 cc, berarti cairan ini pekat bgt dunk berarti ini fungsinya buat mecahin telur bukan buat penguat kyk biasanya. Segera saja aku menelpon suster Diana, kuceritakan saja apa yg mengganggu pikiranku. Nada suara suster Diana berubah jadi panik, "Ibu jangan!! Itu harus diencerin dulu bu, spt yg pertama dulu. Ibu suntik di rumah ya?ibu cb ke bidan terdekat bu minta diencerin dulu. Udah bu jgn dibuat pusing, dibawa santai aj", tutupnya.

Dgn sigap Satria pergi ke apotik utk mencari si water for inj...tpi ya dasar tinggal di daerah pinggiran dan itu udh jam 21 lebih, ya apotiknya udh tutup. Akhirnya Satria memutuskan utk membawa diriku suntik ke RS Bunda Margonda. Aq bersyukur bgt sblm brkt, tetangga aku bantu tlp ke petugas piket di klinik bersalin (KB) RS tsb, dia bantu jelasin ttg pregnyl yg hrs dioplos dgn water for sebanyak 14 cc plus suntikan2 yg hrs dikasihkan ke aku. Bener saja, sesampainya di KB, si petugas sdh paham dg apa yg hrs dilakukan jadi proses pengoplosan dan suntik menyuntik cm memakan waktu 10 mnt. Alhamdulillah.

H 10, spt biasa pkl 06.30 aq udh smp ktr. Absen plus srpn, pkl 07.30 aq menuju BIC utk test darah estradiol n progesteron lgi. Biaya utk kedua test ini +/- 800 rb dan kedua test ini tdk memerlukan qta utk puasa dulu. Tdk smp 5 mnt utk ambil darah plus bayar biayanya, aq segera kembali ke kantor. Seharian ini aku masih berjuang utk nge-boost ukrn telur, jadilah aku minum jus sirsak 2 gelas, makan alpukat mix susu dan makan siang dgn menu salmon n brokoli. Xixixi...udh kyk org kalap aja, pdhal perut udh full bgt...tpi demi...

Pulang kantor aku dijemput Satria menuju BIC, alhamdulillah perjalanan lancar. Stlh menyerahkan buku catatan medis ke suster, kami berdua ke musolla menunggu azan magrib. Balik dr musolla, gantian dokternya yg lagi solat. 1/2 jam kemudian dokter baru balik ke ruangannya dan aku dpt giliran kedua. 

Dokter menyapaku dgn blg klo hormon aku hari ini bagus, 4300. Waktu mau USG dokter menanyakan apa aku ada keluhan/ ngrasain sesuatu? Kujawab bahwa yg paling mengganggu adalah eneg sdgkan perut cenut2 siy ga masalah. Alhamdulillah telur2ku sdh memenuhi kriteria semua, ada 3 yg ukrnnya diatas 22mm dan sisanya ukrn 18-19mm. Dokter meresepkan suprefact (pemecah telur) utk disuntik 36 jam sblm OPU dan pregnyl (lagi) 1 jam seblm OPU. OPU dijadwalkan hari rabu, 13 Mei utk jamnya bagian suster yg akan mengaturnya.

Stlh si suster melihat jadwal tindakan semua dokter, diputuskan tindakan OPU akan dilakukan 13 Mei pkl 08.00. Jadi malam ini aku hrs suntik suprefact pkl 20.00 dan aku memutuskan utk suntik disini saja, takut ga keburu smp rmh. Saat mengantri di kasir, tiba2 suster dr. Irham memanggil aku. Dan ternyata...jadwal OPU-ku diubah menjadi pkl 11.00 krn jadwal tadi bentrok dg pasien dokter lain. Jadi...aku hrs suntik si suprefact malam ini jam 23.00 sendiri...wakwao...Untung suntikan ini dilakukan di perut, jadi aku berani suntik sendiri.

Balik dari BIC ke depok, aku yg nyetir. Sebenernya mata ini udh ga kompromi tpi si Satria mendadak tepar krn dr kmrn jadwal makannya berantakan. Satria pengennya lgs pulang aja n makan d rmh which is smp rmh aku masi hrs masak dulu dan skrg aku yg nyetir. Ga bisa...ga bisa...aku jg cape kaliii. Jdilah kami mampir ke pizza hut di plaza festival. Aku pesan salad, nasi zaitun ayam, nasi sapi bawang (utk satria) n jus alpukat. N u know what...semuanya kumakan sendiri (kec. Nasi sapi) krn satria malah tidur di bangku.Bete abisss...

Alhamdulillah perjalanan pulang lancar dan kami sampai rumah jam 22.30. Satria langsung tidur di kamar dan aku harus menyibukkan diri menunggu jam 23.00 agar tdk ketiduran. Astagfirullah...perjuangan sekali hari ini tpi aku hrs kuat n hrs tetap positif. 

Pkl 23.00 aku menyuntikkan suprefact 2 jari dibawah pusar dgn lancar. Alhamdulillah...
Its time to sleep...Zzz...Zzz...Zzz...

Oya sedikit sharing aja, selama menjalani program ini aku mengubah pola hidup aku, terutama siy pola makan ya. Kalo olahraga selama proses menyuntik ini aku masih melakukan pilates 2 hari sekali dan akan stop setelah OPU. Sedangkan pola makan aku yg selama ini lebih sering jajan diluar alias tidak masak langsung berubah drastis. Setiap hari aku mengkonsumsi putih telur ayam kampung sebanyak 6 butir. Sayuran krn tdk boleh makan kacang-kacangan (klo ga salah krn dpt menyebabkan hormon progesteron meningkat pdhal seharusnya hormon ini ditekan) jadilah setiap hari aku makan brokoli n kembang kol rebus (krn simpel setelah direbus bs disimpan dikulkas, jadi memudahkan menyiapkan bekal makan siang). Untuk lauknya aku memilih ikan lele, salmon dan ikan teri basah, klo menu ini siy tetep digoreng tapi pakai minyak zaitun/ minyak bunga matahari. Sedangkan untuk buah, setiap hari harus ada alpukat dan kiwi/ stroberi karena kandungan vitamin C-nya yg tinggi.

 Dibutuhkan pengorbanan yang besar untuk sesuatu yang besar pula. Bismillah...smg Engkau meridhoi ikhtiar kami ini ya Allah. Aaminn.




0 komentar:

Posting Komentar